MENU
teknovaganza.id
Startup
3 Komponen Penting Ini Menentukan Kesuksesan Startup Anda

3 Komponen Penting Ini Menentukan Kesuksesan Startup Anda

  658

Startup merupakan presentasi dari perusahaan yang hampir sebesar 85 persen proses pengembangannya dijalankan secara digital. Oleh karena itu produk atau layanan yang ditawarkan hingga pemasaran yang dilakukan oleh jenis perusahaan ini tentu saja akan lebih sering dilakukan secara online. Meskipun begitu, hal yang cukup membutuhkan perhatian tentu saja bukan hanya produk dan layanan itu sendiri, tapi juga komponen – komponen pendukung dibalik berdirinya perusahaan startup.  

Terkait hal ini, editor teknovaganza.id berupaya untuk dapat menyajikan ragam komponen “tonggak berdirinya startup” yang jika disatukan tentu saja dapat menyukseskan sebuah startup. Tidak perlu berlama – lama, berikut beberapa komponen tersebut:

Blogging dan Social Media

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran social media kini semakin luas. Dalam dunia startup, blogging dan social media tidak hanya berperan untuk memasarkan produk atau layanan secara digital saja tapi juga menyebarluaskan jati diri startup tersebut. Seperti yang kita ketahui, saat ini beberapa layanan social media bahkan telah menawarkan sisi lain dari kemampuan yang sekedar berinteraksi saja. Contohnya Instagram, social media yang khusus menawarkan layanan berinteraksi melalu media visual (read: gambar) tersebut bahkan juga memberikan tool, seperti edit foto agar penggunanya dapat lebih kreatif menampilkan jati diri mereka. Dengan begitu, upaya dalam menyebarluaskan jati diri perusahaan startup dapat lebih mudah dilakukan melalui perpaduan kata – kata yang apik dengan desain gambar yang menarik.

Layanan Pemasaran dan Promosi

Meski pemasaran dan promosi telah dapat dilakukan secara digital, tetap saja sebuah startup membutuhkan tim yang mampu menyebarluaskan jati diri bahkan produk dan layanannya pada pihak yang belum “melek teknologi”. Merencanakan acara atau bahkan seminar tentu saja dapat menarik perhatian kalangan yang tidak belum terlalu mengenal dunia digital. Tidak hanya itu, tim pemasaran dan promosi juga dapat menjadi koneksi dengan pihak startup lain guna membangun kerjasama yang kelak dapat menguntungkan kedua belah pihak. Dengan begitu, penyebarluasan jati dir startup beserta produk dan layanannya dapat dilakukan dengan cara yang lebih luas.

Tim IT

Mengingat startup begitu dekat dengan teknologi digital, oleh karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa tim IT sangat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan tersebut. Ya, baik startup yang menawarkan produk atau layanan hingga yang menggeluti bidang e-commerce sangat bergantung pada keahlian tim IT mereka. Melalui situs hingga aplikasi mobile yang dikembangkan, sebuah startup dapat secara perlahan menyebarluaskan jati dirinya sekaligus memberikan penawaran produk dan layanan yang berkualitas. Dengan begitu, tim IT tentu saja menjadi salah satu komponen penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan digital.

Beberapa rangkuman komponen diatas diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi pengembang ataupun yang baru saja akan mulai mengembangkan startup pilihannya. Tidak hanya itu, 3 komponen tersebut secara nyata berperan besar dalam keberhasilan sebuah startup. Semoga bermanfaat dan Anda maupun pihak lain diluar sana dapat memeroleh tim – tim terpercaya yang bisa membantu mengembangkan startup menjadi perusahaan digital yang sukses. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id