MENU
teknovaganza.id
Tech News
Baidu Rilis Teknologi AI Membuat Rekaman Suara Semakin Mudah Ditranskripsi
Photo Credit/Ubergizmo

Baidu Rilis Teknologi AI Membuat Rekaman Suara Semakin Mudah Ditranskripsi

  439

Baidu, raksasa teknologi asal Tiongkok baru saja merilis versi Beta dari platform SwiftScribe-nya. SwiftScribe sendiri diketahui merupakan aplikasi yang membantu untuk menerjemahkan kembali rekaman suara ke dalam sebuah tulisan dengan memanfaatkan jaringan saraf. Dilansir melalui Ubergizmo, teknologi yang dikembangkan Baidu tersebut memanfaatkan Artificial Intelegence (AI) agar dapat secara sempurna memberikan hasil yang maksimal. 

Sementara itu, dalam performanya jaringan saraf sendiri dimanfaatkan untuk membantu suara yang terekam agar dapat lebih nyata disalurkan menjadi sebuah tulisan. Sedangkan di sisi lain, teknologi AI yang diterapkan diharapkan dapat menyeimbangi konteks dan memahami kaitan makna antara satu kata dengan kata lainnya. Pihak Baidu sendiri mengklaim bahwa teknologi ini dapat memberikan transkripsi yang relatif akurat mengingat uji coba yang telah dilakukan berkali – kali.

Untuk saat ini, aplikasi SwiftScribe sendiri masih tersedia dalam versi Beta. Sedangkan penggunanya masih terbatas antara 30 – 50 orang saja yang secara umum merupakan pihak yang sering melakukan transkripsi. Terkait teknologi tersebut, tentu saja pengguna sangat berharap jika SwiftScribe dapat terbuka secara umum. Pihak Baidu pun hingga saat ini belum merilis kepastian terkait biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat merasakan manfaat teknologi tersebut. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id