MENU
teknovaganza.id
Tech News
Cairan Ionik Menjadi Teknologi Terkini Dalam Proses Daur Ulang Limbah Pakaian
Photo Credit/Eco Fashion Talk

Cairan Ionik Menjadi Teknologi Terkini Dalam Proses Daur Ulang Limbah Pakaian

  384

Jika Anda merupakan penggemar dunia fesyen, dapat dipastikan bahwa tampilan yang Anda sajikan akan mengikuti tren yang sedang berlangsung. Hal tersebut tentu saja akan sangat menarik banyak perhatian beberapa pihak terutama bagi para peminat dunia fesyen lainnya. Sayangnya, kira – kira kemana akan Anda alihkan lembaran – lembaran pakaian yang menurut Anda telah usang? Mungkinkah akan terbuang begitu saja? Kabar baiknya, tentu saja TIDAK. 

Ya, teknologi terkini telah memungkinkan pakaian atau bahan yang telah usang untuk dapat kembali didaur ulang dan menghasilkan material yang baru. Teknologi tersebut diperkenalkan oleh beberapa peneliti dari Aalto University, Finlandia yang tergabung dalam projek E.U. Horizon 2020 dan dikenal dengan nama Trash-2-Cash. Secara umum, teknik inovatif yang dimanfaatkan adalah memungkinkan pakaian usang untuk dilebur dan menciptakan materi baru. 

Dalam proses peleburan pakaian usang tersebut, peneliti terkait memanfaatkan cairan ionik yang disebut dengan 1,5-diazabicyclo[4.3.0]non-5-ene acetate. Kemudian, dalam proses kerjanya, cairan akan memisahkan serat katun dengan poliyester. Setelah terpisah maka serat katun dapat dimanfaatkan kembali menjadi materi yang baru. Pemanfaatan cairan ionik sendiri bukanlah tanpa sebab. Peneliti mengemukakan bahwa cairan ionisasi tidaklah berbahay karena memiliki tekanan uap yang rendah.  

Teknik serupa sebelumnya juga telah diperkenalkan oleh peneliti lain. Sayangnya, teknik tersebut tidak mengikutsertakan instruksi semestinya, bahkan tidak dimanfaatkan dengan benar hingga proses akhir. Oleh karena itu, tidak jarang konsep tersebut akhirnya justru tidak membuahkan hasil apa – apa. Sementara itu, terkait keberhasilan teknologi cairan ionik ini, para peneliti terkait mengaku bahwa pekan ini akan mempresentasikan karya mereka pada sebuah pertemuan di San Fransisco. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id