MENU
teknovaganza.id
Software & Apps
Cara Mudah Rasakan Pengalaman VR Google Cardboard Pada Samsung Gear VR

Cara Mudah Rasakan Pengalaman VR Google Cardboard Pada Samsung Gear VR

  566

Virtual Reality (VR) menjadi salah satu teknologi yang semakin diminati akhir – akhir ini. Begitu banyak aplikasi yang hadir dan menawarkan pengalaman VR yang menantang. Sayangnya, beberapa alat yang mendukung hanya dapat bekerja pada aplikasi VR tertentu saja, seperti Samsung Gear VR. Terkait keputusan Samsung yang membatasi pengalaman VR seputar aplikasi yang hanya tersedia pada Oculus Store membuat penggunanya juga memiliki keterbatasan dalam menikmati VR Google Cardboard.

Tidak perlu khawatir, nampaknya keterbatasan tersebut akan segera berakhir. Dengan aplikasi ini, Google Cardboard dapat diaktifkan pada Samsung Gear VR. Berikut cara mudah yang dapat dilakukan pengguna seperti yang dirangkum melalui VRHeads ini:

•    Terlebih dahulu, pengguna Samsung Gear VR harus memasang aplikasi Play Cardboard on Gear VR dari Google Play Store. 
•    Jika sudah terpasang, pada aplikasi tersebut tekan “Enable Device Administration”
•    Saat muncul pop-up Device Administration, tekan Activate
•    Selanjutnya tekan ikon Google Cardboard untuk beralih ke Cardboard Mode

Jika pengguna Samsung Gear VR sudah melewati seluruh tahapan diatas, kini mereka telah dapat merasakan pengalaman VR Google Cardboard. Sayangnya, terkait fakta ketidakcocokan diantara Google Cardboard dan Samsung Gear VR, maka tampilan yang diperoleh pengguna Gear VR tidak akan sebaik yang dirasakan Google Cardboard pada umumnya. Untuk itu, para pengguna membutuhkan kode Cardboard QR yang sesuai untuk mendapatkan tampilan yang lebih mumpuni, seperti dibawah ini. 

Sementara itu, masih terkait perihal ketidakcocokan diantara Samsung Gear VR dan Google Cardboard, dengan sangat disayangkan pengalaman VR yang dirasakan akan masih jauh dari sempurna. Salah satunya, pada Google Cardboard tidak tersedia menu tekan layar bagi pengguna Samsung Gear VR sehingga tampilan yang muncul akan pasif layaknya menyaksikan Youtube saja.

Pengguna Samsung Gear VR juga tidak akan mendapat petunjuk distorsi seperti yang ditawarkan Google Cradboard pada umumnya sehingga fitur itu tidak bekerja maksimal untuk menampilkan yang terbaik. Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika pengguna dapat mencoba cara ini sejauh kemajuan pengalaman VR saat ini yang tidak terbatas dalam satu ekosistem saja. Selamat mencoba. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id