MENU
teknovaganza.id
Startup
David 'Evoware' Ciptakan Gelas yang Bisa Dimakan
David (Founder Evoware) Berpakaian Biru Dongker

David 'Evoware' Ciptakan Gelas yang Bisa Dimakan

  3948

Bisnis Rintisan (Startup) kini banyak bermunculan di Indonesia. Mereka rata-rata menawarkan produk atau jasa yang inovatif, unik dan berbeda dari yang pernah ada di pasaran. Diantaranya ada yang bisa survive bahkan berkembang pesat namun tidak sedikit juga yang gulung tikar alias bangkrut. Nah, Salah satu bisnis startup yang bisa survive dan berkembang ini adalah Evoware.

Jumat (16/12), sore bertempat di ruang Prosperity kantor Bank Sampoerna, Gd. Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Evoware diundang sebagai narasumber dalam sebuah Forum Startup yang digagas oleh Bank Sahabat Sampoerna (BSS).

David, Founder Evoware didapuk untuk sharing pengalamannya dalam membangun dan mengembangkan usahanya. Dalam presentasinya, Ia Sesekali mengutip motto dari Steve Job "think different and change the world". Dihadiri puluhan audiens David terlihat bersemangat, lugas dan antusias menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta forum.

Evoware mengembangkan  usaha berbasis makanan yang unik, sehat sekaligus ramah lingkungan. Bentuknya seperti gelas warna-warni yang bisa dijadikan wadah menaruh es krim, buah, atau minuman lainnya. Yang menarik, gelas ini bisa sekaligus dimakan. Tidak seperti gelas yang kita biasa gunakan sehari-hari berbahan baku plastik, kaca atau styrofoam yang tidak ramah lingkungan.

Menarik, meskipun dirinya mengaku hanya memiliki ijazah Sekolah Dasar, David mampu membuktikan bahwa semua orang bisa menjadi seorang pengusaha asal ada kemauan dan ide dan eksekusi ide.

"Idea without execution is nothing (Ide tanpa eksekusi adalah tidak artinya)," ungkap David dengan penuh keyakinan.

David menambahkan, dari 250 juta penduduk Indonesia pasti diantara mereka ada yang memiliki ide yang sama dengan dirinya (membuat gelas yang bisa dimakan) namun dengan sedikit berbangga mengatakan hanya dirinya yang bisa mengeksekusi ide tersebut.

David kemudian menceritakan awal dirinya membangun usaha ecoware hingga sekarang ini. Ia mengaku hanya karena kepepet (tertekan) tidak punya uang sama sekali sementara harus makan dan hidup di negeri orang ( Amerika dan Kanada), dari sana kemudian tercetus sebuah ide untuk membuat gelas yang bisa langsung dimakan. Keesokan harinya, Ia langsung menghubungi koleganya kira-kira mengetahui soal pembuatan makanan, namun nihil. Tidak berhenti, Ia lalu mencari informasi di Internet.

Eureka! Pada akhirnya, David memutuskan untuk membuat gelas dengan menggunakan bahan dasar rumput laut sesuatu yang belum pernah ada.

David mengaku idenya ini terinspirasi dari makanan Jepang berbentuk gelas, bedanya, kalau produk makanan ini berbahan baku cumi. Produk gelas buatan David berbahan rumput laut, selain sehat karena tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan, juga bisa langsung dimakan.

Memulai usahanya sejak bulan April 2016, saat ini usahanya mulai berkembang dan dikenal di masyarakat luas, semenjak  produknya diliput oleh berbagai media salah satu stasiun televisi swasta.

Presentasi yang disampaikan oleh David mendapat apresiasi dari Ong Tek Tjan, selaku Direktur UKM, Funding dan Jaringan Bank Sahabat Sampoerna.

Menurut Ong, kecenderungan masyarakat dunia di masa depan adalah menggunakan produk eco green atau eco friendly (sehat dan ramah lingkungan) termasuk diantaranya makanan.

Ong kemudian menyimpulkan bahwa untuk untuk menjadi Enterprenuer dan memulai usaha tidak selalu harus dengan modal uang, kita bisa memulainya dengan ide dan kemauan. Misalnya, saat ini banyak pengusaha yang kesulitan untuk menjual produknya, kita bisa membantu mereka menjualkan produk-produknya dengan imbalan komisi.

Jadi, tertarik memulai usaha? Temukan ide dan eksekusi! (Hatta)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id