MENU
teknovaganza.id
Tech News
Facebook Kembangkan Teknologi AI Minimalisir Kemungkinan “Menyakiti Diri Sendiri” Penggunanya

Facebook Kembangkan Teknologi AI Minimalisir Kemungkinan “Menyakiti Diri Sendiri” Penggunanya

  385

Era digital yang semakin menunjukan kecanggihannya nampaknya tidak selalu memberikan dampak baik bagi beberapa pihak tertentu. Latar belakang bullying hingga kecemburuan pada sosok yang cukup popular di media sosial tidak jarang justru membuat pihak tertentu merasa terpojok dan tidak segan – segan menyakiti diri mereka sendiri. Oleh karena itu, Facebook dikabarkan melalui Ubergizmo sedang mengembangkan teknologi AI yang mampu mendeteksi kemungkinan buruk tersebut. 

Teknologi AI yang dikembangkan tersebut diupayakan Google sebagai alat pencegahan terhadap “aktifitas menyakiti diri sendiri” yang dibagikan penggunanya melalui Facebook Live dan Facebook Messenger. Kelak teknologi tersebut diharapkan dapat memiliki kemampuan mendeteksi postingan yang mendekati upaya negative tersebut. Tidak hanya itu, jika upaya negative tersebut berhasil dideteksi oleh teknologi AI Facebook, tim komunitas Facebook akan meneruskan dan melaporkannya. 

Sementara itu, metode pencegahan ini juga diupayakan Google agar dapat bekerja pada rekan pengguna Facebook yang ingin “menyakiti dirinya sendiri”. Dalam hal ini, AI memanfaatkan teknologi pengenalan pola “aktifitas menyakiti diri sendiri” yang dapat membantu rekan pengguna Facebook terkait untuk dapat melaporkan kejadian ini secepat mungkin. Untuk saat ini, teknologi AI tersebut belum resmi dirilis secara global. 

Facebook masih membutuhkan waktu untuk melakukan uji coba terhadap metode pendeteksian AI dan fitur pelaporan terbatas pada area Amerika Serikat saja. Sementara itu, dalam memudahkan teknologi tersebut pada pelaksanaanya, Facebook bekerjasama dengan National Eating Disorder Association, National Suicide Prevention Lifeline, dan Crisis Text Line agar rekan pengguna Facebook terkait dapat dengan mudah melaporkan percobaan “aktifitas menyakiti diri sendiri”. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id