MENU
teknovaganza.id
Tech News
Google Ajukan Permohonan Paten Baru Untuk Kendaraan Otonomnya

Google Ajukan Permohonan Paten Baru Untuk Kendaraan Otonomnya

  1405

Google disinyalir baru saja mengajukan pematenan terkait kemampuannya untuk bersaing secara sehat dengan transportasi otonom milik Uber. Seperti diwartakan melalui The Verge, untuk memenangkan persaingan ini, Google mengajukan permohonan paten yang memungkinkan kendaraan otonom besutannya dapat menentukan sendiri lokasi penjemputan dan tujuan perjalanannya.

Jika dijinkan, fitur ini tentu saja akan mempermudah sistem operasi kendaraan otonom tersebut. Ya, bagaimana tidak. Google bertujuan untuk memungkinkan kendaraan otonom dapat menerima permintaan lokasi penjemputan juga tujuan yang dikehendaki oleh penumpang. Sayangnya, terdapat beberapa kendala yang membuat layanan ini nampaknya kurang berjalan mulus. Salah satunya adalah kenyataan bahwa tidak semua area dapat atau aman diakses oleh kendaraan otonom Google. Tetap saja, jenis kendaraan ini cukup kesulitan untuk menjangkau area – area tertentu seperti layaknya orang berkendara sendiri. 

Kendala tersebut diakui Google merupakan tantangan bagi fitur terkait. Saat terdapat lokasi yang ditetapkan pada kendaraan otonom miliknya, Google berusaha untuk membuat kendaraan tersebut dapat mempertimbangkan beberapa lokasi yang mungkin disarankan lebih aman untuk penjemputan maupun tujuan. Lokasi – lokasi tersebut ditentukan berdasarkan pengalaman dari beberapa penumpang yang mungkin sudah pernah menentukan lokasi sebelumnya. 

Permohonan ini bukanlah yang pertama yang diajukan Google. Tahun lalu, raksasa mesin pencari ini telah secara resmi diberikan ijin terkait solusi yang unik dalam meminimalisir kecelakaan saat kendaraan otonom secara tidak sengaja menabrak pejalan kaki. Solusi tersebut sangatlah unik dimana terdapat kertas perekat yang ‘memungkinkan’ pejalan kaki terekat secara otomatis ke kendaraan otonom saat tidak sengaja tertabrak. 

Pejalan kaki yang tertabrak tersebut akan selalu terekat hingga kendaraan otonom berhenti. Dengan begitu, pejalan kaki tersebut tidak akan terlempar begitu saja yang memungkinkan pihaknya akan mendapat beragam luka. Saat ini, armada otonom Google yang berada dibawah merek Waymo tersebut masih dalam fase pengembangan. Jika sesuai rencana, peluncuran tersebut akan diselenggarakan di Mountain View dan Phoenix akhir Januari mendatang. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id