MENU
teknovaganza.id
Tech News
Google Manfaatkan Teknologi Machine Learning Kembangkan Fitur Jobs Pada Google Search

Google Manfaatkan Teknologi Machine Learning Kembangkan Fitur Jobs Pada Google Search

  828

Masih dari momen Google I/O 2017, raksasa mesin pencari kembali memperkenalkan sisi lain dari Google Search. Saat ini, Search bahkan dilaporkan telah semakin paham kebutuhan penggunannya, terutama bagi mereka yang tengah mencari informasi seputar lowongan pekerjaan. Google for Jobs merupakan fitur pencarian pekerjaan yang disematkan Google langsung pada Search dengan tujuan mempermudah pengguna mencari pekerjaan yang sesuai dengan dirinya.

Seperti diberitakan melalui Digital Trends, hadirnya fitur pencarian tersebut diakui oleh Sundar Pichai selaku CEO Google saat ini merupakan upaya sang raksasa mesin pencari dalam memecahkan permasalah yang cukup rumit antara pencari kerja dan pemilik perusahaan. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyatakan bahwa Google belakangan ini telah mencoba untuk mengembangkan solusi terkait berdasarkan teknologi machine learning. 

Para pengusaha telah ditawarkan semacam uji coba terkait API berdasarkan sistem cloud yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah pencari kerja pada perusahaan tersebut. Salah satu perusahaan ternama bahkan dilaporkan mengalami peningkatan hingga 18 persen. Namun, semuanya tetap saja berbeda jika pencari kerja sendiri yang melakukan pencarian tersebut pada fitur Jobs ini. Baik pencari kerja maupun perusahaan tentunya akan merasakan manfaat menguntungkan dari fitur ini sendiri. 

Tidak hanya itu, pemanfaatan machine learning sendiri diklaim oleh Google juga dapat mengatasi masalah yang membuat pencarian pekerjaan cukup rancu. Tidak jarang, pengusaha menerapkan judul pekerjaan berbeda – beda terhadap kualifikasi pekerjaan yang sebenarnya sama. Hal tersebut tidak jarang justru membuat pencari kerja menjadi cukup sulit mencari pekerjaan yang tepat atau yang sesuai dengan pengalaman dan keahliannya.

Untuk memanfaatkan fitur ini, sebagai contoh pengguna dapat mencoba mengetikan jenis pekerjaan “retail jobs”. Kelak pada halam pencarian akan tersaji informasi seputar posisi terdekat yang dapat kembali disaring dengan beberapa kategori, judul, tanggal unggah, dan bahkan waktu perjalanan. Terdapat pula menu “apply” dimana jika pengguna menekannya maka halaman pencarian akan dialihkan pada situs resmi perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan tersebut. (SNR)

 

komentar