MENU
teknovaganza.id
Tech News
Google Perkenalkan Perubahan Mekanisme Pencarian Untuk Minimalisir Hasil Tidak Akurat

Google Perkenalkan Perubahan Mekanisme Pencarian Untuk Minimalisir Hasil Tidak Akurat

  706

Mesin pencari tentu saja menjadi salah satu tujuan utama seseorang saat dalam keadaan membutuhkan informasi yang tepat. Sebut saja Google, raksasa dalam bidangnya tersebut telah bertahun – tahun menawarkan kemudahan pencarian informasi untuk seluruh penggunanya. Sayangnya, kemudahan tersebut tidak serta merta didukung oleh seluruh pihak. Berita – berita bohong atau yang sering disebut dengan hoax yang sengaja diciptakan oleh pihak tertentu untuk tujuan negatif tidak jarang menjamur pada hasil pencarian tersebut. 

Terkait hal ini, Google dikabarkan melalui The Verge tengah berupaya untuk memerangi hasil pencarian yang tidak akurat dan bersifat menyerang. Dalam upayanya tersebut raksasa mesin pencari diketahui melakukan pembaruan pada beberapa fitur platform pencariannya seperti peringkat pencarian hingga kolom feedback pengguna. Dalam melancarkan upayanya tersebut, Google juga diketahui memperbarui Search Quality Rater Guidelines yang memungkinkan mesin pencari menghasilkan informasi berdasarkan hasil evaluasi manusia. 

Tidak hanya itu, raksasa mesin pencari juga diketahui memperbarui mekanisme feedback untuk para pengguna. Pembaruan mekanisme feedback tersebut akan memungkinkan pengguna untuk dapat melaporkan saran informasi atau hasil pencarian yang tidak lengkap dan tidak akurat. Saat pengguna menekan kolom feedback, akan muncul halaman kecil yang berisi tentang alasan terkait hasil pencarian yang ditawarkan. Alasan tersebut sebagian besar berupa kesan dari hasil pencarian yang disajikan seperti apakah cukup bermanfaat, menimbulkan masalah terkait SARA, hingga vulgar. 

Selain itu, Google juga dikabarkan akan berusaha lebih transparan dalam praktik pencariannya. Hal tersebut akan sama baiknya dengan upaya teknologi algoritma Google dalam meminimalisir kemungkinan hasil pencarian yang negatif. Sementara itu, terkait kebijakan perusahaan tentang penghapusan konten negatif dan saran yang tidak lengkap dilaporkan telah ditambahkan halaman pusat bantuannya. Sednagkan informasi lebih dalam terkait peringkat hasil pencarian juga telah ditambahkan pada situs “How search works” milik Google. (SNR)

 

komentar