MENU
teknovaganza.id
Software & Apps
Google Resmi Umumkan Kehadiran Android O Sekaligus Developer Preview Teranyar

Google Resmi Umumkan Kehadiran Android O Sekaligus Developer Preview Teranyar

  427

Android O is finally comin’!!!

Tepat sekali. Google akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran level baru dari sistem operasi Android. Kabar tersebut seperti dilansir melalui Android Central dipublikasikan Google melalui blog resmi Android Developers. Melalui blog tersebut, raksasa mesin pencari juga turut menyebarluaskan Developer Preview yang berfungsi untuk memamerkan tampilan Android O kepada para pengembang sehingga nantinya mereka dapat menyesuaikan pedoman desain dan APIs pada masing – masing aplikasi yang dikembangkan. 

Seperti biasanya, Google cukup ‘irit’ dalam menyebarluaskan Developer Preview saat ini. Secara keseluruhan, kehadiran fitur yang disuguhkan raksasa mesin pencari melalui Developer Preview masih sekedar perubahan struktural saja. Meskipun begitu, kita nampaknya sangat berharap bahwa pratinjau tersebut nantinya akan semakin berkembang seiring peningkatan yang dilakukab Google pada sistem operasi Android versi anyar tersebut. Untuk saat ini, pratinjau yang bisa disebarkan Google masih terbatas oleh beberapa hal saja, seperti dibawah ini:

Background Limits
Pratinjau yang satu ini bertujuan untuk memungkinkan para pengembang menciptakan aplikasi yang tidak banyak menyita daya juga performa ponsel penggunanya. Kelak, akan ada penambahan batasan yang dilakukan secara otomatis pada aplikasi dasar yang terpasang, terutama dalam hal layanan dasar dan pembaruan lokasi. 

Notifications
Notifications pada Android O memunginkan penggunanya untuk dapat menentukan cara pemberitahuan tersebut muncul pada ponsel mereka. Terkait detil cara tersebut tentu saja akan bergantung dari pola yang diterapkan oleh masing – masing pengembang aplikasi. Tidak hanya itu, terdapat pula perubahan visual saat pengguna mengelompokan pemberitahuan dengan indikasi konten yang serupa. 

Autofill APIs
Pratinjau yang satu ini memungkinkan pengguna untuk dapat memilih aplikasi dengan pengaturan otomatis terkait data password. Kelak data tersebut akan terekam dan terbaca oleh password manager dan memunculkannya saat diperlukan sehingga pengguna tidak perlu lagi beralih untuk mengisi datau mengganti data password.

Adaptive Icons
Adaptive Icons pada Android O berfungsi untuk memungkinkan pengembang menciptakan adaptive icons yang dapat berubah berdasarkan pada cara sistem menampilkannya. Tampilan adaptive icons akan berubah tergantung jenis ponsel dengan tampilan antarmuka yang berbeda pula. 

Bluetooth Audio
Pratinjau yang satu ini mengindikasikan bahwa Android O mendukung Code – Decoder Bluetooth Audio, termasuk Code – Decoder LDAC Sony. 

Beberapa pratinjau diatas tentu saja merupakan hal yang paling ditunggu – tunggu oleh para pengguna. Untuk saat ini, Google dilaporkan belum berencana merevisi Developer Preview hingga pertengahan bulan Mei mendatang. Tidak hanya itu, Android O juga dikabarkan belum menjadi bagian dari program Beta Android dikarenakan saat ini performanya masih dianggap belum stabil. Untuk kedepannya Google berharap dapat tepat waktu merilis Android O di Quartal 3 2017. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id