MENU
teknovaganza.id
Tech News
Google Tawarkan Eksplorasi Museum Melalui Pengalaman AR Platform Tango

Google Tawarkan Eksplorasi Museum Melalui Pengalaman AR Platform Tango

  515

Cukup terpana dengan fitur augmented reality yang saat ini sedang mencuri perhatian dunia? Bagaimana tidak, teknologi yang satu ini memiliki sensasi luar biasa terutama dalam bidang hiburan. Meskipun begitu, saat ini nampaknya fitur augmented reality tak lama lagi dapat dimanfaatkan lebih lanjut dalam dunia pendidikan.

Ya, dilansir melalui The Verge, platform augmented reality besutan Google - Tango - baru saja lakukan kerjasama dengan beberapa museum ternama dunia. Dalam hal ini, raksasa mesin pencari tersebut menawarkan pengunjung museum dengan ponsel yang sudah mampu mengoperasikan Tango eksplorasi menarik seputar museum yang dikunjungi dengan pengalaman augmented reality. 

Detroit Institute of Arts, museum yang berlokasi di Amerika Serikat ini merupakan museum pertama yang bisa dieksplor dengan memanfaatkan teknologi augmented reality pada platform Tango. Para pengunjung dengan ponsel berkemampuan AR diimbau untuk mengaktifkan platform Tango terlebih dahulu saat memasuki museum. 

Selanjutnya, para pengunjung bisa merasakan eksplorasi museum yang sangat menarik melalui pengalaman AR Tango. Beberapa diantaranya adalah memungkinkan pengunjung untuk mengetahui bagian – bagian tubuh mumi yang tersimpan dalam peti batu. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mempelajari lebih lanjut arsitektur pada pintu atau gerbang yang menceritakan sejarah. 

Melalui teknologi ini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman eksplorasi museum yang tidak biasa. Bahkan, aplikasi tersebut juga memungkinkan pengunjung untuk dapat mengikuti permainan ataupun kuis seputar museum terkait yang sedang dikunjungi melalui AR. Demi memungkinkan pengguna menikmati teknologi AR secara 3D tersebut, Tango mengemasnya dengan sensor terkini.

Untuk saat ini, hanya terdapat dua jenis smartphone saja yang sudah berstatus AR ready. Seperti diungkapkan di acara CES 2017, smartphone tersebut adalah Lenovo Phab 2 Pro dan Asus Zenfone AR. Selain itu, demi meningkatkan pengalaman AR melalui platform Tango, Google sepertinya akan menambahkan lokasi museum lain yang akan berstatus AR ready. Anda ingin mencoba juga? (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id