MENU
teknovaganza.id
Tech News
Internal Google, Ada Apa Gerangan?

Internal Google, Ada Apa Gerangan?

  539

Google digadang – gadang baru saja mengalami masalah internal yang cukup runyam. Salah satu pegawainya melaporkan dan membawa gugatan terhadap raksasa mesin pencari ini atas tuduhan kebijakan kerahasiaan internal yang dianggap melanggar hukum perburuhan. Seperti dilaporkan Engadget, salah satu kebijakan kerahasiaan yang cukup mengerikan adalah adanya program memata – matai internal. Program tersebut memungkinkan antar pegawai saling berterus terang jika terdapat kebocoran infromasi internal pada media. 

Google sendiri telah mengimbau pegawainya untuk tidak menyatakan apapun terkait aktifitas ilegal yang cukup berpotensi di dalam perusahaan, termasuk penasihat hukum Google sendiri. Tidak hanya itu, terdapat pula larangan terhadap penulisan kisah atau novel yang menceritakan tentang situasi lingkungan kerja pada perusahaan teknologi Silicon Valley tanpa adanya persetujuan. Salah satu pegawai dari pihak terkait pun mengindikasikan bahwa perusahaannya cukup berhati – hati dalam menyebarkan informasi pada media. Peraturan tentang pelarangan penyebaran informasi di luar izin Google pun benar – benar ketat ditegakan. 

Sementara itu, hukum perburuhan yang berlaku belakangan ini justru menyatakan bahwa sudah seharusnya pegawai memiliki hak untuk mendiskusikan kondisi di tempat kerja dan pelanggaran yang mungkin berpotensi terjadi di dalam perusahaan tanpa adanya rasa takut. Dengan begitu, para pegawai dapat dengan tenang berkeluh kesah tentang perusahaan tempatnya bekerja pada pihak luar (red: keluarga) pastinya dalam kondisi tertentu.

Meskipun begitu, kita tetap berharap yang terbaik untuk Google, sang raksasa mesin pencari dalam mengatasi permasalahan ini. Semoga cepat berlalu dan pegawai terkait yang merasa kurang bebas berekspresi bisa mendapatkan hak sewajarnya dari perusahaan pusat teknologi ini. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id