MENU
teknovaganza.id
Tech News
Kerjasama 2 Drone Ini Hasilkan Sistem Yang Mampu Menerawang Situasi Dalam Area Bangunan
Photo Credit/Engadget

Kerjasama 2 Drone Ini Hasilkan Sistem Yang Mampu Menerawang Situasi Dalam Area Bangunan

  335

Setelah sempat berpartisipasi dalam upaya konservasi alam, drone salah satu produk teknologi canggih masa kini kembali memamerkan kemampuannya. Seperti diberitakan melalui Engadget, para ahli Laboratorium Mostofi di UC Santa Barbara telah menciptakan sebuah sistem yang memungkinkan perpaduan drone dan sinyal Wi-FI mampu menerawang situasi di dalam sebuah ruangan. Dalam hal ini, Wi-Fi yang dimanfaatkan merupakan golongan transceiver dimana dapat berperan sebagai transmitter sekaligus receiver. 

Dalam prakteknya, peneliti memanfaatkan dua drone yang terbang secara beriringan pada sisi luar bangunan yang berseberangan. Salah satu drone diperkaya dengan kemampuan transmisi sinyal Wi-Fi, sementara yang lainnya berperan sebagai penerima. Kemudian keduanya melakukan performa dengan sistem yang terlebih dahulu telah disesuaikan dengan perhitungan matematika tingkat lanjut. Alhasil, kerjasama kedua drone mampu menghasilkan data yang diterjemahkan melalui gambar 3D representasi dari situasi dalam ruangan atau bangunan tersebut. 

Sementara itu, metode yang dilakukan oleh Laboratorium Mostofi ini sendiri sejatinya bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, demonstrasi terkait telah memulai debutnya pada tahun 2010 silam. Terkait hasil nyata yang dapat diperoleh dari metode ini juga diakui tim peneliti dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tanggap darurat dengan memantau area bangunan tanpa harus mengorbankan seseorang dalam situasi bahaya. Tidak hanya itu, metode ini juga dilaporkan dapat dimanfaatkan untuk pemantauan arkeologi dan struktural. Menakjubkan bukan? (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id