MENU
teknovaganza.id
Gadget
Kopin Kembangkan VR Headset Berukuran Layaknya Kacamata Hitam Biasa Tawarkan Akses yang Lebih Mudah Dibawa Kemana Saja
Photo Credit/Engadget

Kopin Kembangkan VR Headset Berukuran Layaknya Kacamata Hitam Biasa Tawarkan Akses yang Lebih Mudah Dibawa Kemana Saja

  333

Virtual Reality (VR) saat ini bukan hanya sekedar dipandang sebagai teknologi saja, tapi juga hiburan yang pastinya sangat mengesankan. Bahkan semakin berkembangnya teknologi tersebut membuat peminat platform terkait semakin mengharapkan kenyamanan dalam menikmati pengalaman VR. VR Headset menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pengalaman tersebut. Tetapi bagi beberapa pengguna, sebagian VR Headset nampaknya memiliki ukuran yang cukup besar sehingga tidak terlalu menyamankan untuk digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

Kopin, perusahaan pengembang produk elektronik mobile asal Amerika Serikat baru – baru ini diketahui melalui Engadget tengah memamerkan prototip terkait VR Headset terbarunya.  Prototip yang dipublikasikan pada acara Augmented World Expo tersebut diperkirakan memiliki setengah ukuran dari Occulus Rift. Tidak hanya itu, VR Headset ini juga dilaporkan dikembangkan dari layar 2K dengan kualitas low – power dan hanya memiliki ukuran 1 inci yang terpasang secara diagonal. 

Beberapa pihak melaporkan bahwa VR Headset tersebut memang menunjukan gambar yang tajam dan dapat memamerkan performa yang cukup mumpuni. Namun, sayangnya terkait pemanfaatan layar 2K tersebut menjadikan prortotip Kopin ini menawarkan bidang pandang yang kecil dan terbatas. Dalam hal ini, perusahaan tersebut mengaku bahwa pihaknya tengah bereksperimen dengan konfigurasi lensa yang berbeda untuk mencoba dan memperluas Field of View (FOV). 

Meskipun begitu, tetap saja bahwa hal ini akan memengaruhi pengalaman VR pengguna dimana secara keseluruhan pandangan akan terasa sempit. Kopin sendiri mengklaim bahwa hal tersebut dapat diperbaiki kedepannya. Pihaknya juga mempertegas bahwa teknologi layar kecil tersebut masih dapat digunakan untuk membuat display yang lebih besar. Tidak hanya itu, peningkatan optik pada VR Headset mini tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan FOV. 

Di sisi lain, Kopin sendiri menyatakan bahwa ukuran prototip kecil yang baru dibuat sekitar 2 bulan lalu tersebut dikembangkan agar dapat menyamankan penggunanya. Pihaknya juga menyatakan bahwa sangat ingin menciptakan VR Headset yang menyerupai kacamata biasa sehingga pengalaman VR dapat dirasakan dengan lebih efisien, portable, ringan, dan tentunya dapat diakses dengan lebih mudah. Terkait hal ini, Kopin mengaku masih banyak hal yang harus dikerjakan dan ditingkatkan dari prototip VR Headset mini tersebut. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id