MENU
teknovaganza.id
Startup
Mang-Jek Startup Layanan Transportasi On Demand Asal Palembang Yang Targetkan Pengguna PNS Sekaligus Pengunjung Asian Games 2018

Mang-Jek Startup Layanan Transportasi On Demand Asal Palembang Yang Targetkan Pengguna PNS Sekaligus Pengunjung Asian Games 2018

  412

Nama besar GO – JEK dan Grab sebagai bagian dari penggiat startup layanan transportasi berbasis aplikasi online sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun bukan berarti keduanya akan minim kompetitor. Startup lokal serupa saat ini tengah perlahan – lahan menyaingi kesuksesan mereka. Ya, berbasis di Palembang, Mang-Jek hadir dengan layanan yang sama namun targetkan pengguna yang cukup berbeda. Seperti apa kira – kira? 

Tidak seperti GO – JEK dan Grab, Mang-Jek seperti diketahui melalui Tech in Asia Indonesia serius targetkan kerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk dapat menjadi layanan trasnportasi resmi bagi PNS. Tidak hanya itu, jelang acara Asian Games 2018 yang terselenggara di Palembang dan Jakarta startup ini juga mengajukan kemitraan agar dapat menangani layanan transportasi resmi acara tersebut khususnya membidik baik turis asing maupun lokal. 

Selain itu, perusahaan digital yang telah mulai beroperasi pada tahun 2016 tersebut rupanya juga memiliki strategi untuk dapat menggaet pengguna langganan. Hal ini tentu saja berbeda dengan sistem yang diterapkan GO – JEK dan Grab dimana keduanya tidak memfokuskan diri pada pengguna langganan. Namun, yang diputuskan Mang-Jek sepertinya akan cukup menguntungkan baik bagi pengguna maupun mitra pengemudi sendiri. 

Meskipun begitu, fitur ini tidak dapat berjalan sendirinya saja. Mitra pengemudi harus terlebih dahulu mendaftarkan akun pengguna langganan pada pihak Mang-Jek agar terregistrasi sebagai pelanggan setia. Sementara itu, untuk monetisasi sendiri Mang-Jek mengaku bahwa pihaknya hanya mengambil komisi sebesar 10 persen saja dari pendapatan mitra pengemudi. Saat ini, startup tersebut telah mampu menawarkan berbagai jenis layanan perusahaan digitalnya. 

Ya, selain M-Ride yang merupakan layanan ojek online, Mang-Jek juga memiliki beberapa layanan lain seperti M-Car (taksi online), M-Food (pengantaran makanan), dan juga M-Service (pemesanan beragam jenis jasa). Sayangnya, saat ini pihaknya harus menghentikan layanan M-Car terkait persyaratan peratuan Menteri Perhubungan no.26 tahun 2017. Di sisi lain, Mang-Jek juga berencana untuk dapat mengganti nama mereka. 

Hal ini dilakukan bukanlah tanpa alasan. Upaya untuk dapat berekspansi ke luar kota besar lainnya menuntut Mang-jek untuk dapat menyesuaikan diri dengan penduduk setempat, seperti Jampi dan Lampung. Sungguh menakjubkan bukan target yang direncanakan oleh startup layanan transportasi on – demand lokal ini? Menarik untuk menyimak lebih lanjut perkembangan Mang-Jek beberapa waktu yang akan datang. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id