MENU
teknovaganza.id
Tech News
Mengenal STEM Toys Cara Baru Bagi Anak Untuk Bermain Sambil Mengenal Teknologi
Photo Credit/Digital Trends

Mengenal STEM Toys Cara Baru Bagi Anak Untuk Bermain Sambil Mengenal Teknologi

  424

Dunia teknologi yang semakin berkembang nampaknya mulai memengaruhi cara anak – anak bermain. Ya, jika biasanya kita bisa menemukan sekumpulan anak beraktifitas di taman kota atau pusat kebugaran seperti kolam renang, teknologi akhir – akhir ini sepertinya telah mampu mengubah aktifitas mereka ke arah yang lebih canggih. Tidak perlu khawatir, jenis permainan yang sedang diperbincangkan ini tidak melulu soal upaya digitalisasi pada anak – anak. 

Sebaliknya, mereka akan diarahkan untuk bisa bermain sambil menekankan ilmu pengetahuan baru. STEM coding toys atau dikenal juga dengan sebutan STEM toys seperti dilansir melalui Digital Trends merupakan unit mainan yang menekankan penerapan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Jenis mainan ini sejatinya tidak hanya membantu anak semakin kreatif saja tapi juga mampu memainkan logika, memikirkan pemecahan masalah, dan juga bereksperimen. 

Bagi beberapa lapisan masyarakat, STEM toys telah cukup menarik perhatian. Jenis STEM toys pun makin beragam. Beberapa yang cukup terkenal akhir – akhir ini adalah Circuit Cubes, Lego Boost, Osmo Coding Jam, Cozmo, Ozobot, Sony Koov, dan masih banyak lagi. Masing – masing diantara mainan ini memiliki performa yang berbeda. Sebut saja Lego Boost, mainan ini dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan anak – anak dapat dipandu lebih dekat untuk bisa menciptakan kreasi lego. 

Tidak hanya itu, Lego Boost juga diperkaya dengan sensor jarak dan kombinasi warna lengkap dengan radio Bluetooth yang dapat diintegrasikan dengan smartphone melalui aplikasi. Selain itu, terdapat pula Cozmo. Yang satu ini merupakan mainan robot bertenaga AI yang dapat mengenal nama, wajah, memainkan permainan, dan bahkan mengembangkan kepribadiannya karena dapat mengenal sang anak dengan sangat baik. 

Cozmo juga diketahui dilengkapi dengan fitur pemrograman visual yang dibangun di dalam aplikasi pendamping khusus untuk smartphone dan tablet. Kelak, melalui integrasi tersebut anak – anak sangat dimungkinkan untuk bisa menyusun kembali blok digital yang berfungsi untuk menciptakan program dasar sekaligus ilmu dasar robotika. Wah, sangat canggih bukan? Jika ingin meminangnya, Cozmo bisa dibanderol dengan harga 180 USD. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id