MENU
teknovaganza.id
Tech News
Moby Mart Toko Otonom Besutan Startup Asal Swedia Yang Akan Dibekali Kemampuan Memasok Barang Sendiri

Moby Mart Toko Otonom Besutan Startup Asal Swedia Yang Akan Dibekali Kemampuan Memasok Barang Sendiri

  648

Jika selama ini kebiasaan berbelanja telah berubah dari manual menjadi online, kini nampaknya sekali lagi masyarakat akan ditawarkan metode berbelanja yang baru dan cukup unik. Salah satu startup asal Swedia, Wheelys dilaporkan melalui The Verge tengah mengembangkan toko fisik otonom yang dapat berjalan tanpa awak. Ya mengemban nama Moby Mart, toko otonom ini berjualan keperluan dasar rumah tangga sekaligus kebutuhan gaya hidup yang bergerak sendiri seolah “berkeliaran” di jalan raya.

Ide ini sejatinya tergolong cukup unik mengingat Moby Mart yang berukuran setidaknya sebesar mini bus ini tidak dilengkapi dengan supir, kasir, dan juga pembayaran tunai. Pembeli hanya perlu memindai barang belanjaannya, kemudian melalui aplikasi Moby Mart pembayaran dapat diproses secara online. Sementara itu, untuk dapat melakukan performa tersebut, Wheelys dilaporkan membekali toko otonom dengan teknologi Artifical Intelligence dan komputer super untuk dapat menavigasi jalan. 

Terkait hal ini, startup asal Swedia tersebut sepertinya belum cukup puas dengan kemampuan yang dimiliki oleh toko otonomnya. Bekerja sama dengan salah satu universitas asal Tiongkok, Wheelys dilaporkan akan mengembangkan Moby Mart dengan beberapa kemampuan mumpuni lainnya seperti melakukan pemasokan barang sendiri di gudang penyimpanan hingga memungkinkan pengguna atau pembelanja untuk dapat memanggilnya ke rumah. 

Tidak hanya itu, Moby Mart bahkan juga diketahui akan dibekali dengan sebuah drone yang berfungsi untuk mengirimkan barang belanjaan jika kebetulan dibeli secara online. Ide – ide unik ini sejatinya masih dalam tahap perencanaan. Belum diketahui secara pasti langkah apa yang diambil oleh Wheelys untuk mewujudkan konsep tersebut.

Saat ini pihaknya berharap, kehadiran Moby Mart dapat menjadi solusi bagi wilayah perkotaan yang belum berkembang dan masih terbatas dalam memenuhi kebutuhan makanan berkualitas. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyatakan akan menguji prototip toko otonom mereka di Shanghai sekaligus berencana memroduksi lebih banyak lagi Moby Mart hingga tahun 2018 mendatang. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id