MENU
teknovaganza.id
Startup
Parkiran Manfaatkan Teknologi AR Sebagai Startup Penyedia Lahan Parkir Online

Parkiran Manfaatkan Teknologi AR Sebagai Startup Penyedia Lahan Parkir Online

  726

Teknologi Augemented Reality (AR) nampaknya akan semakin berkembang di Indonesia. Benar sekali, saat ini teknologi tersebut tidak hanya akan menghibur Anda saja melalui sebuah permainan seperti yang telah ada, tapi juga memberikan kemudahan dalam menemukan dan memesan lahan parkir untuk kendaraan Anda. Dilansir melalui Tech in Asia Indonesia, saat ini manfaat teknologi AR tersebut telah ditawarkan oleh Parkiran, sebuah startup yang bergerak di bidang penyedia lahan parkir online. 

Parkiran yang telah resmi dipublikasikan pada akhir Januari lalu sejatinya bertujuan untuk mempermudah pengguna mencari lokasi parkir. Sistem yang diterapkan oleh startup ini menganut sistem kemitraan dengan pemilik lahan yang tertarik dan bersedia lahannya dimanfaatkan sebagai lokasi parkir umum. Agar pemilik lahan dapat dengan resmi bergabung dengan Parkiran, mereka diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

Pendaftaran dapat dilakukan secara online ataupun mandiri. Setelah mendaftar, akan dilakukan proses verifikasi. Tim Parkiran akan langsung datang ke lokasi parkir yang didaftarkan demi mencocokan keterangan pribadi calon mitra sekaligus statu kepemilikan lahan parkir yang didaftarkan. Jika lahan diketahui bukan milik pribadi, proses verifikasi tidak akan diteruskan atau diproses. Bagi yang lulus tahap verifikasi, tim Parkiran mengklaim bahwa proses selanjutnya akan selesai dalam 1 hari saja. 

Sementara itu, teknologi AR sendiri kelak akan sangat berguna bagi para pencari lahan parkir. Teknologi tersebut akan membantu dalam menunjukan lokasi parkir yang dituju. Pemanfaatan tanda panah pada aplikasi membantu pengguna untuk mencari lokasi parkir tersebut. Untuk proses pemesanan lahan parkir sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, reservasi dan juga on the spot. Bagi pengguna yang memanfaatkan fitur reservasi akan diberikan tiket melalui aplikasi Parkiran. 

Saat pengguna tiba di lokasi, mitra pemilik lahan akan memindai tiket tersebut. Dan bila pengguna kelak tidak datang dalam satu jam setelah reservasi, secara otomatis akan dibatalkan. Sedangkan bagi pengguna yang memilih on the spot, tersedia barcode pada setiap lokasi parkir yang dapat dipindai. Setelah itu, pengguna akan diminta memasukan nomor plat kendaraan. Terkait proses pembayaran, baik reservasi atau pun on the spot baru akan dikenakan saat kendaraan keluar dari lahan parkir. 

Mitra pemilik lahan akan melakukan proses check out pada nomor plat kendaraan yang akan keluar lahan parkir. Proses tersebut akan menujukan durasi dan biaya parkir. Sementara itu, pengguna dapat membayar parkir dengan cara tunai maupun cashless dengan P Pay. P Pay sendiri merupakan fitur dompet atau uang elektronik yang disedikan pihak Parkiran layaknya GO – PAY milik GO – JEK. Cukup menarik bukan startup yang satu ini? (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id