MENU
teknovaganza.id
Software & Apps
Peduli Keamanan Pengguna, Google Rilis Aplikasi Trusted Contacts

Peduli Keamanan Pengguna, Google Rilis Aplikasi Trusted Contacts

  616

Hari ini Google baru saja meluncurkan aplikasi baru yang menawarkan manfaat bagi keamanan penggunanya. Kenyataan bahwa tidak selamanya seseorang berada pada keadaan aman menjadi alasan utama Google menciptakan aplikasi ini. Trusted Contacts, merupakan aplikasi baru yang secara otomatis dapat membagikan status dan lokasi Anda pada kerabat atau pun orang terdekat yang Anda percaya. 

Dilansir melalui Engadget, aplikasi Trusted Contacts memungkinkan penggunanya untuk memilih orang – orang yang tersedia pada kontak secara khusus sebagai pihak yang terpercaya. Orang – orang tersebut termasuk juga teman ataupun anggota keluarga yang Anda percaya untuk mengetahui dimana keberadaan Anda. Saat orang – orang yang Anda pilih membuka aplikasi ini, mereka akan tahu kapan Anda sedang dalam status 'Aktif”. Hal tersebut juga menunjukan bahwa ponsel Anda sebenarnya tetap terhubung meskipun Anda dalam keadaan 'Aktif' hanya beberapa jam sebelumnya maupun saat ponsel dalam keadaan lemah daya.

Tidak hanya itu, kontak orang – orang yang terpercaya juga dapat meminta info tentang keberadaan Anda jika mereka merasa Anda sedang dalam keadaan bahaya. Saat kontak terpercaya meminta lokasi Anda, akan muncul ijin apakah Anda akan bersedia membagikan lokasi Anda. Jika Anda tidak meresponnya dalam 5 menit, secara otomatis aplikasi Trusted Contact akan membagikan info lokasi Anda untuk memastikan keselamatan Anda. 

Selanjutnya, Trusted Contact juga memugkinkan Anda untuk membagikan situasi yang sedang Anda alami tanpa perlu kontak terpercaya memintanya terlebih dahulu. Jika Anda sudah sampai pada tempat yang aman, Anda dapat men-non-aktifkannya kembali. Untuk dapat melihat lokasi yang Anda bagikan, kontak terpercaya tidak perlu mengaktifkan akun Google mereka. Permintaan untuk mengaktifkan hanya muncul jika ada pengaturan terkait. Tentu saja Anda akan merasa semakin aman bukan saat berpergian? Selamat mencoba. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id