MENU
teknovaganza.id
Tech News
Pemanfaatan Drone Ini Dilaporkan Bahkan Telah Membantu Konservasi Alam di Kawasan Hawaii
Photo Credit/Engadget

Pemanfaatan Drone Ini Dilaporkan Bahkan Telah Membantu Konservasi Alam di Kawasan Hawaii

  379

Pemanfaatan drone dewasa ini nampaknya telah semakin beragam. Jika selama ini kita melihat pesawat tak berawak tersebut bekerja untuk memantau situasi tertentu atau mengambil gambar untuk tampilan video VR yang mengasikan, kini drone telah dimanfaatkan lebih lanjut dalam hal konservasi alam. Ya, mungkin yang satu ini cukup tidak masuk akal. Namun, para ahli botani modern telah mempekerjakan alat tersebut untuk dapat berpetualang mencari tahu apakah di luar sana terdapat tumbuhan yang terancam punah. 

Dilansir melalui The Verge, saat ini ahli botani dari National Tropical Botanical Garden (NTBG) – sebuah institusi nonprofit yang mengkhususkan diri dalam penelitian, konservasi, dan edukasi tanaman tropis dilaporkan telah memanfaatkan drone untuk menemukan salah satu tumbuhan yang terancam punah di Pulau Kaua’i, Hawaii. Pada kesempatan tersebut, Ben Nyberg selaku pemimpin dalam penelitian oleh drone kali ini menyatakan bahwa telah ditemukan salah satu tumbuhan yang cukup terancam punah di sisi tebing taman nasional terlindungi Limahuli, Pulau Kaua’i, Hawaii. 

Tumbuhan yang dikenal dengan nama Laukahi tersebut menurut Nyberg dapat ditemukan pada area terpencil dan sulit hanya dalam 20 menit saja. Sementara untuk penemuan manual oleh manusia diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu, penyebab dari kelangkaan tumbuhan ini sendiri sejatinya cukup memprihatinkan. Ya, kondisi tanaman di pulau ini dilaporkan oleh Kawika Winter selaku Direktur Taman Nasional Terlindungi Limahuli sangat rentan karena harus berevolusi dalam isolasi selama jutaan tahun. 

Hal ini menyebabkan tumbuhan pada kawasan tersebut tidak memiliki mekanisme pertahanan untuk menangani spesies invasif seperti gulma, tikus, kambing, dan juga babi. Kambing diketahui sebagai spesies yang cukup membahayakan bagi tumbuhan Laukahi karena cukup gemar mengonsumsi dedaunan dari tumbuhan tersebut. Sementara ini, pihak NTBG sendiri baru menerima drone sebagai alat bantu konservasi alam sekitar bulan Februari lalu. Meski tidak disebutkan produk drone mana yang telah mahir menguasai kemampuan ini, namun pihak NTBG menyatakan bahwa ke depannya berharap pesawat tak berawak tersebut juga dapat membantu penemuan tanaman bunga sekaligus biji – bijian langka. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id