MENU
teknovaganza.id
Tech News
Peneliti Ini Ungkapkan Metode Aman Penggelapan Warna Kulit Tanpa Harus Berjemur Di Bawah Terik Sinar Matahari

Peneliti Ini Ungkapkan Metode Aman Penggelapan Warna Kulit Tanpa Harus Berjemur Di Bawah Terik Sinar Matahari

  693

Beberapa orang menginginkan tampilan mereka menjadi sedikit berubah dengan rona warna kulit yang cenderung gelap. Beragam hal seperti ingin tampil berbeda, lebih muda, atau lebih segar menjadi alasan mengapa ada pihak yang rela untuk mengubah warna kulit mereka. Sayangnya, upaya yang dilakukan seperti berjemur di bawah terik sinar matahari demi menggelapkan warna kulit justru dikhawatirkan menimbulkan efek yang tidak baik, seperti penuaan kulit dan yang lebih parah kanker kulit.

Demi meminimalisir hal tersebut, beberapa peneliti dilaporkan melalui Digital Trends telah mengembangkan sebuah projek yang dipublikasikan pada jurnal bertajuk Cell Reports. Projek tersebut sejatinya mengungkapkan bahwa metode penggelapan warna kulit tidak melulu dapat dihasilkan dengan cara berjemur di bawar teriknya sinar matahari yang cukup beresiko. Dalam hal ini, diperlukan molekul kecil yang diharapkan dapat membantu merangsang penggelapan warna kulit manusia. 

Dalam penelitian tersebut, para ahli memanfaatkan metode penghambatan enzim Salt Inducible Kinase (SIK) yang secara alami dapat menekan pigmentasi. Dengan begitu, sintesis pigmen justru dapat dengan mudah dirangsang. Tidak hanya itu, selama ini penelitian sendiri masih diterapkan pada hewan dan hasilnya cukup berhasil. Sementara untuk penerapan pada manusia saat ini masih dalam tahap perencanaan. 

Ya, sebelum metode tersebut dapat benar – benar diproses pada manusia, para ahli terlebih dahulu perlu menentukan tingkat keamanan dan toksisitas perantara demi mengetahui cara paling tepat utnuk melakukannya. Jika senyawa tersebut diketahui aman, para peneliti pun berharap untuk dapat mengidentifikasi populasi manusia mana yang akan sangat membutuhkan metode penggelapan warna kulit sebelum benar – benar melakukan pengujian klinis awal. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id