MENU
teknovaganza.id
Gadget
Penelitian Ini Berhasil Ungkapkan Tingkat Kesalahan Akurasi Fitur Heart Rate dan Calory Tracker Dari Beberapa Produk Smartwatch

Penelitian Ini Berhasil Ungkapkan Tingkat Kesalahan Akurasi Fitur Heart Rate dan Calory Tracker Dari Beberapa Produk Smartwatch

  551

Wearable device yang biasanya merupakan smartwatch lengkap dengan segala macam fitur termasuk fitness tracker kini menjadi salah satu kebutuhan yang cukup diminati kalangan urban. Beragam merek produk terkait juga hadir menawarkan keunggulan fitur masing – masing. Namun, secara keseluruhan produsen wearable device tidak akan pernah luput membenamkan kemampuan untuk melacak aktifitas fitness terutama heart rate tracker pada masing – masing produk smartwatch-nya. 

Terkait hal tersebut, akhir – akhir ini terdapat sebuah penelitian yang mengupas fakta dibalik kemampuan dan keakuratan fitur heart rate tracker pada masing – masing merek smartwatch ternama. Secara mengejutkan, fitur heart rate tracker milik Apple Watch memiliki akurasi paling tinggi diantara fitur sejenis yang dikembangkan oleh produsen smartwatch lainnya seperti Samsung Gear S2, the MIO Alpha 2, Microsoft Band, Fitbit Surge, dan lain sebagainya.

Penelitian yang dilakukan oleh Univesitas Stanford tersebut mengungkapkan bahwa Apple Watch mampu melacak heart rate atau yang biasa dikenal dengan perhitungan rata – rata detak jantung dengan tingkat kesalahan hanya 2 persen saja. Sementara pesaingnya, Samsung Gear S2 justru memeroleh hasil yang paling tidak akurat dengan tingkat kesalahan 6,8 persen. Meskipun begitu, dalam hal pelacakan kalori, kemampuan Apple Watch juga sepertinya belum begitu sempurna.

Ya, dalam hal ini Apple Watch justru memiliki tingkat kesalah yang cukup tinggi yaitu sekitar 40 persen. Sementara pesaingnya, Fitbit Surge justru memiliki tingkat akurasi pelacakan kalori yang lebih baik dengan tingkat kesalahan sekitar 27 persen saja. Hadirnya hasil penelitian ini justru sebetulnya belum mengungkapkan produsen wearable device mana yang benar – benar memiliki smartwatch dengan tingkat akurasi fitur pelacakan terbaik. 

Masing – masing wearable device nampaknya memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing. Semua tergantung pada keputusan Anda sendiri ingin melacak informasi seputar kesehatan pada jenis dan merek wearable device yana mana. Atau mungkin, mengombinasikan beberapa wearable device bisa jadi pilihan yang tepat. Semoga informasi ini cukup berguna untuk memenuhi standar informasi kesehatan yang Anda butuhkan berdasarkan produk teknologi terkini. (SNR) 

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id