MENU
teknovaganza.id
Tech News
Perancis Resmikan Jalan Panel Tenaga Surya Pertama Di Dunia

Perancis Resmikan Jalan Panel Tenaga Surya Pertama Di Dunia

  510

Kemarin, Perancis baru saja merilis jalan dengan panel tenaga surya pertama di dunia. Dilansir melalui The Verge, tepatnya di sebuah pedesaan kecil, Tourouvre-au-Perche, Kota Normandy, jalan sepanjang 1 km dengan panel tenaga surya tersebut diresmikan langsung oleh Ségolène Royal, Menteri Ekologi Perancis. Untuk saat ini, jalan ini digadang – gadang mampu menyalurkan aliran listrik untuk lampu – lampu di sepanjang jalanan sekitar.

Jalan panel tenaga surya yang memiliki lebar hampir 3 meter tersebut telah dilengkapi oleh semacam lapisan yang terbuat dari silikon. Dengan begitu, jalan ini dipercaya mampu menampung berat kendaraan atau apapun yang melintasinya. Jika jalan dengan panel tenaga surya ini dapat beroperasi sesuai perkiraan, Menteri Royal berharap jalan ini akan semakin diperpanjang hingga 1000 km di sepanjang jalan raya Perancis.

Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang meragukan keberhasilan jalan ini. Bentuk panel tenaga surya  datar disinyalir kurang efektif dibanding dengan bentuk miring. Tidak hanya itu, bentuk panel tenaga surya ini juga cenderung mengeluarkan biaya yang lebih mahal dari pada bentuk panel biasanya. Colas, perusahaan yang telah membantu terciptanya jalan tersebut berharap dapat memangkas total biaya yang dikeluarkan kedepannya terkait masih ada 100 proyek lagi untuk jalan panel tenaga surya ini. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id