MENU
teknovaganza.id
Tech News
Project Zero Milik Google Rilis Kerentanan Sistem Microsoft

Project Zero Milik Google Rilis Kerentanan Sistem Microsoft

  454

Google melalui sebuah proyek yang dikembangkannya, Zero, baru saja merilis sebuah pengumuman terkait kerentanan perangkat lunak dan sistem keamanan milik Microsoft. Dilansir melalui DigitalTrends, kerentanan yang dialami oleh Microsoft tersebut menyangkut Internet Explorer dan juga browser Edge. Hal ini tentu saja akan memengaruhi performa keduanya yang dikhawatirkan dapat dengan mudah terkena serangan siber. Zero sendiri sejatinya merupakan sebuah proyek yang digagas Google untuk mengidentifikasi dan nantinya mengumumkan tentang ditemukannya kerentanan terhadap sistem keamanan dan perangkat lunak tertentu.

Proyek ini diakui Google bertujuan untuk menarik para pengembang agar dapat secepat mungkin memperbaikinya. Tidak hanya itu, para staf Zero juga menggagas tentang "zero-day" bugs, dimana terdapat suatu waktu saat pengembang tidak mengetahui bahwa sistem keamanan dan perangkat lunak yang dikembangkannya dapat dieksploitasi. Kelak, para pengembang akan diberikan jangka waktu 90 hari untuk memperbaikinya sebelum tim Zero mengumumkan fakta dibalik kerentanan tersebut.

Sementara itu, kerentanan yang dialami oleh Microsoft sendiri telah mampu diidentifikasi oleh pihak Zero sejak November tahun lalu. Kerentanan yang dikhawatirkan dapat memicu pihak tidak berwenang memanfaatkan momen ini akhirnya diumumkan oleh Google pada 23 Februari 2017 lalu. Terkait hal ini, Microsoft akhirnya menunda perilisan Patch Tuesday Februari untuk sistem operasi Windows.

Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui secara pasti versi Internet Explorer dan browser Edge mana yang telah terinfeksi pada sistem operasi Windows. Hal tersebut meningkatkan kesempatan para hacker untuk bisa mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menyerang sistem yang rentan tersebut. Untuk saat ini, tidak ada yang bisa dilakukan oleh para pengguna sebelum akhirnya Microsoft mengumumkan Patch Tuesday terkait perbaikan kerentanan tersebut, Maret mendatang. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id