MENU
teknovaganza.id
Tech News
Semakin Berkembang, Teknologi AI Kini Dilaporkan Mampu Prediksi Sisa Umur Seseorang

Semakin Berkembang, Teknologi AI Kini Dilaporkan Mampu Prediksi Sisa Umur Seseorang

  379

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau yang biasa dikenal dengan Kecerdasan Buatan lagi – lagi memeroleh peningkatan fungsi dalam dunia medis. Jika sebelumnya teknologi terkait dilaporkan mampu mendeteksi susunan sel induk manusia hingga memprediksi kemungkinan terjadinya serangan jantung, kini AI kembali dikabarkan mampu memperkirakan sisa umur seseorang. 

Kabar tersebut seperti diberitakan melalui Engadget didukung pula oleh sebuah laporan penelitian yang baru – baru ini dilakukan para ahli terkemuka Universitas Adelaide, Australia. Dalam penelitian ini, teknologi AI seolah mengalami peningkatan dimana bekerja dengan cara melakukan analisis terhadap hasil CT Scans dari 48 pasien sekaligus.

Kemudian, algoritma deep learning yang diterapkan pada teknologi ini dilaporkan mampu memungkinkan pasien untuk dapat mengetahui berapa sisa umurnya dalam 5 tahun kedepan. Tidak hanya itu, hasil yang diperoleh pun memiliki tingkat akurasi yang tinggi yaitu sekitar 69 persen benar. Yang cukup mengherankan, angka ini bahkan dilaporkan mendekati angka yang diperoleh para ahli diagnosa manusia. Menakjubkan bukan?

Selain itu, dalam penelitian kali ini teknologi AI sendiri dikabarkan telah dilatih untuk dapat menganalisa lebih dari 16.000 gambar yang mengindikasikan tanda penyakit pada organ manusia. Dari hasil CT Scans tersebut, AI mencari tanda seperti emfisema, kondisi jantung, vaskuar yang membesar, dan juga pembekuan darah untuk menentukan sisa umur pasien.

Terkait hal ini, Dr. Luke Oakden-Rayner selaku penulis dari laporan penelitian tersebut menyatakan bahwa memprediksi sisa umum seseorang sangatlah penting, karena kelak akan memengaruhi dokter untuk memberikan terapi penyembuhan. Tidak hanya itu, pada penelitian kali ini teknologi AI juga ditujukan untuk dapat mengetahui data kesehatan terdahulu dari pasien. Sementara tim medis atau tim peneliti memperkuat algoritma yang diterapkan pada teknologi tersebut untuk dapat melakukan diganosa kesehatan pasien secara keseluruhan, bukan terfokus pada salah satu penyakit saja.

Selain itu, tim medis atau peneliti sendiri juga berharap bahwa kedepannya adapat mengumpulkan dan memanfaatkan gambar radiologis beresolusi tinggi yang dapat digunakan sebagai sumber data berkulitas baik untuk pengobatan presisi. Diluar dari pada itu semua, para peneliti juga berharap bahwa kedepannya akan mengundang lebih banyak pemindaian sebagai cara untuk memperbaiki hasil sistem diagnostic dimasa depan. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id