MENU
teknovaganza.id
Tech News
Sesuaikan Sistem Daur Ulang Alam Ecovative Desain Tawarkan Produk Berkualitas Berbahan Dasar Jamur
Photo Credit/Digital Trends

Sesuaikan Sistem Daur Ulang Alam Ecovative Desain Tawarkan Produk Berkualitas Berbahan Dasar Jamur

  322

Kebutuhan dan peralatan rumah tangga saat ini semakin berkembang ke arah digital. Beberapa produk furnitur bahkan telah dapat diakses melalui perintah suara dan secara singkat mengubah kebiasaan masyarakat dalam memeroleh kenyamanan baik saat bersantai maupun beristirahat. Namun, bukan berarti kita harus melulu terpaku pada produk rumah tangga kaya akan teknologi digital. Baru – baru ini, sebuah perusahaan asal New York telah menawarkan cara unik masyarakat untuk dapat berkreasi memroduksi furnitur dan peralatan rumah tangga sendiri dengan bahan dasar jamur. 

Ecovative Design dikembangkan oleh Eben Bayer dan Gavin Mclntyre bergerak sebagai perusahaan teknologi yang menciptakan material berbahan dasar jamur untuk dapat dimanfaatkan pada segala hal mulai dari produk pengemasan hingga furnitur. Saat ini, perusahaan tersebut baru saja meluncurkan kampanye dimana peminat teknologi ataupun masyarakat mampu mendesain sendiri baik projek ataupun produk dengan memanfaatkan teknologi Mycelium, bagian vegetatif dari jamur. 

Dalam pelaksanaannya, peminat dapat memesan serangkaian bahan perlengkapan yang ditujukan sebagai bentuk pengenalan dari projek GIY Ecovative. Namun, jika mereka tertarik untuk dapat berkreasi secara mendalam, perusahaan ini juga menawarkan pemesanan material jamur yang dapat digunakan lebih lanjut untuk memroduksi perlengkapan rumah tangga ataupun jenis barang lainnya. Sementara itu, terkait kampanye yang dihadirkan oleh Ecovative sendiri pihaknya berharap mampu menghadirkan material yang sesuai dengan sistem daur ulang alam. 

Ya, berbeda dengan plastik yang mungkin membutuhkan waktu ratusan tahun untuk dapat hancur dan kembali menyatu dengan tanah, jamur dapat melakukannya dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, jamur juga merupakan kategori pendaur ulang alam yang sangat baik. Hal ini akan membantu produk – produk yang memanfaatkan bahan dasar jamur mampu kembali ke bumi secara pasif kelak pada akhir siklusnya. Sementara itu, terkait bisnis, Ecovative Desain nampaknya cukup beruntung. Bukan tanpa alasan, perusahaan ini telah dilirik oleh DARPA untuk dapat mengembangkan biomaterial generasi selanjutnya. (SNR) 

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id