MENU
teknovaganza.id
Startup
Startup Fintech Tak Lama Lagi Dapatkan Regulasi Bisnis Pinjaman Online Dari OJK

Startup Fintech Tak Lama Lagi Dapatkan Regulasi Bisnis Pinjaman Online Dari OJK

  699

Perkembangan startup fintech di Indonesia saat ini menghadirkan perhatian khusus dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Jenis startup yang menyediakan model layanan peminjaman dana langsung ke konsumen tersebut tengah menanti persiapan regulasi dari OJK. Dilansir melalui Tech in Asia Indonesia, OJK diwakili oleh Dumoly Pardede selaku Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank akan menetapkan regulasi seputar batas maksimal pinjaman yang diberikan oleh startup fintech. 

Bukan tanpa sebab, regulasi tersebut ditetapkan guna memastikan bahwa pinjaman tersebut memiliki nominal yang cukup kecil. Dengan begitu, pelayanan peminjaman uang pun juga dapat disalurkan pada pihak yang tidak dapat dilayani oleh perusahaan keuangan lainnya. Tidak hanya itu, Dumoly juga mengklaim bahwa pihaknya tidak akan menetapkan regulasi seputar bunga yang ditetapkan penyelenggara model layanan peminjaman dana langsung ke konsumen. 

Sebagai gantinya, Otoritas Jasa Keuangan hanya akan mewajibkan perusahaan – perusahaan tersebut untuk dapat dengan rutin menyerahkan laporan pengeluaran, kekuatan modal, dan juga resiko yang secara berkala mereka ambil. Sementara itu, terkait dirilisnya regulasi tersebut akan secara resmi dipubilkasikan sekitar bulan April hingga Juni 2017 mendatang. Model bisnis dan modal minimum yang dibutuhkan nantinya juga akan ikut serta masuk ke dalam regulasi tersebut. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id