MENU
teknovaganza.id
Tech News
Teknologi Artificial Intelligence Ini Mampu Mendeteksi Tingkat Konsentrasi Siswa

Teknologi Artificial Intelligence Ini Mampu Mendeteksi Tingkat Konsentrasi Siswa

  469

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini semakin menunjukan peningkatan saja. Setelah sukses merambah dunia hiburan (read: permainan digital berdasarkan teknologi AI) hingga medis, kini teknologi tersebut kembali mengambil peran dalam ruang lingkup pendidikan. Seperti diberitakan melalui Digital Trends, saat ini telah hadir Artificial Intelligence yang mampu membantu siswa dan dosen untuk bisa meningkatkan kualitas aktifitas belajar mengajar. 

Teknologi ini sejatinya dikembangkan oleh LCA Learning, sebuah laboratorium akademik yang bekerjasama dengan Unversity of San Diego bertujuan untuk menciptakan solusi baru terkait proses belajar siswa. Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam hal ini diwujudkan melalui sebuah software bertajuk Nestor. Secara umum, Nestor diketahui memiliki kemampuan untuk dapat mendeteksi tingkat konsentrasi siswa saat dalam kelas pelajaran. 

Untuk dapat melakukan hal tersebut, Nestor dilaporkan memanfaatkan webcam pada komputer siswa guna mendeteksi pergerakan mata dan juga ekspresi wajah. Melalui pendeteksian ini, Nestor disebut – sebut mampu mengetahui apakah seorang siswa benar – benar sedang memperhatikan kelas pelajaranya atau tidak. Selain itu, untuk dapat memperkuat hasil deteksinya, Nestor juga akan memberikan beberapa kuis seputar kelas pelajaran terutama saat siswa tercatat tidak berkonsentrasi. 

Sementara itu, teknologi AI yang baru akan dirilis bulan September mendatang ini saat ini diketahui baru hanya akan diterapkan pada siswa yang mengambil kursus e-learning pada Sekolah Bisnis ESG saja. Kedepannya, Marcel Saucet selaku founder dari LCA Learing berharap bahwa dapat membawa teknologi serupa pada kelas pelajaran yang sebenarnya. Dengan begitu, kelas e-learning sebagai salah satu metode pendidikan terkini diharapkan dapat berjalan lebih efektif dikemudian hari. (SNR) 

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id