MENU
teknovaganza.id
Tech News
Teknologi Ini Manfaatkan Ingatan Kera Untuk Hasilkan Rekonstruksi Wajah Manusia
Photo Credit/Digital Trends

Teknologi Ini Manfaatkan Ingatan Kera Untuk Hasilkan Rekonstruksi Wajah Manusia

  418

Tim peneliti dari Institut Teknologi California baru – baru ini mempublikasikan hasil penelitian mereka terhadap kemungkinan untuk menciptakan kembali gambar dari sosok seseorang hanya berdasarkan ingatan semata. Dilansir melalui Digital Trends, penelitian ini dilakukan dengan tahap uji coba melalui ingatan otak kera dengan terlebih dahulu memanfaatkan teknologi Functional Magnetic Resonance Imaging atau yang biasa disingkat dengan fMRI. 

Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, otak kera terlebih dahulu melalui proses penyisipan elektroda yang berfungsi untuk merekam respon fisik mereka saat melihat gambar. Melalui proses tersebut, peneliti menemukan 205 sistem saraf kera yang diketahui melakukan aktifitas penyandian terhadap karakter wajah yang berbeda. Saat proses ini dikombinasikan dengan pemanfaatan machine learning, terdapat kemungkinan pula bahwa rekonstruksi wajah yang direkam oleh ingatan kera dapat menghasilkan gambar yang mendekati aslinya. 

Steven Le Chang, salah satu anggota dari tim peneliti menyatakan bahwa uji coba ini sejatinya cukup sulit dilakukan. Namun, bila koordinat wajah telah ditemukan dengan pasti maka kode wajah pun bisa lebih mudah dimengerti. Tidak hanya itu, melalui kode tersebut rekonstruksi wajah yang terekam oleh ingatan kera pun sangat mungkin dilakukan. Meskipun hasilnya cukup akurat, namun beberapa pihak dilaporkan tidak terlalu percaya bahwa teknologi tersebut sekiranya dapat dimanfaatkan secara nyata. 

Sebaliknya, Chang justru mendukung dengan tegas bahwa teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Kunci utama dari kesuksesan metode ini adalah pemecahan kode wajah di aktifitas saraf otak manusia atau kera. Jika kode wajah dapat dipecahkan maka teknologi ini kemungkinan besar dapat diimplementasikan pada dunia nyata, sebagai contoh penggambaran wajah kriminal oleh saksi mata.

Tidak hanya itu, peneliti sendiri kelak berharap dapat mengembangkan teknologi yang saat ini diterapkannya dari yang pemecahan kode wajah netral hingga berekspresi atau bahkan objek lain. Melalui teknologi ini, para peneliti juga berharap dapat menyelidiki cara bagaimana ingatan terhadap wajah dapat memengaruhi representasi wajah. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id