MENU
teknovaganza.id
Tech News
Terkait Keberhasilan Uji Coba Peretasan Samsung Kembali Perdalam Sistem Teknologi Iris Scanning Galaxy S8
Photo Credit/MakeUseOf

Terkait Keberhasilan Uji Coba Peretasan Samsung Kembali Perdalam Sistem Teknologi Iris Scanning Galaxy S8

  322

Samsung memperkaya 2 smartphone flagship teranyarnya, Samsung Galaxy S8 dan S8+ dengan teknologi iris scanning. Teknologi ini dikembangkan perusahaan Korea tersebut sejatinya dengan tujuan sebagai alat atau kata kunci rahasia dalam mengakses kedua ponsel high – end besutannya itu. Sayangnya, seorang peneliti keamanan baru – baru ini diberitakan melalui Ubergizmo telah mampu melakukan uji coba peretasan terhadap teknologi tersebut. Seperti apa kira – kira? 

Jan Krissler, peneliti keamanan yang tergabung dalam Chaos Computer Club di Berlin menyatakan bahwa pihaknya mampu meretas teknologi iris scanning yang dibenamkan pada Samsung Galaxy S8 dan S8+. Dalam uji cobanya tersebut, Krissler hanya memanfaatkan 3 alat saja, yaitu kamera, printer, dan lensa kontak. Bermodalkan kamera digital Sony, Krissler mengambil gambar bola mata salah satu temannya yang merupakan pemilik ponsel high – end Samsung tersebut.

Kemudian, pihaknya juga mencetak gambar bola mata tersebut dalam ukuran bola mata manusia sebenarnya dan melekatkannya pada sebuah lensa kontak dengan tujuan memberikan kedalaman. Setelah itu, Krissler mulai mencoba menerapkan lensa kontak tersebut pada teknologi iris scanning Samsung Galaxy S8. Hasilnya, kunci layar ponsel berhasil terbuka dan kini Krissler mampu mengakses seluruh isi ponsel termasuk Samsung Pay. 

Terkait hal ini, Samsung menyatakan bahwa pihaknya telah mengetahui isu yang tengah berkembang tersebut. Demi mengembalikan kepercayaan pengguna setianya, perusahaan asal Korea ini bahkan mengklaim bahwa pihaknya saat ini tengah kembali mengembangkan teknologi tersebut dan melakukan pengujian yang ketat demi memberikan tingkat akurasi yang tinggi sekaligus meminimalisir upaya peretasan yang mungkin saja kembali terjadi.

Meskipun begitu, uji coba peretasan ini sejatinya cukup sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Hal pertama yang perlu dilakukan oleh calon peretas tentu saja mengambil gambar bola mata pemilik Samsung Galaxy S8 dengan sangat jernih. Dimana kita mengetahui bahwa mengambil gambar tersebut dengan kualitas yang baik akan sangat sulit. Tidak hanya itu, calon peretas juga harus memiliki akses sedekat mungkin dengan ponsel pengguna, jika tidak tentu saja hal ini tidak dapat terjadi. 

Untuk saat ini, demi meminimalisir kemungkinan peretasan serupa Samsung sendiri kembali menekankan penggunanya untuk memanfaatkan dan menambahkan perlindungan terhadap data pribadi melalui aplikasi Samsung Vault. Melalui aplikasi ini, pengguna harus merangkai satu jenis perlindungan terhadap ponselnya dengan kata kunci yang begitu rahasia. Samsung berharap bahwa metode ini bisa dimanfaatkan oleh penggunanya demi menghindari kemungkinan buruk tersebut. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id