MENU
teknovaganza.id
Tech News
Terkuak, Teknologi AI Miliki Google Translate Mampu Terjemahkan Bahasa Berpasangan

Terkuak, Teknologi AI Miliki Google Translate Mampu Terjemahkan Bahasa Berpasangan

  750

Meski bagi Anda teknologi ini akan dianggap tidak mungkin atau membingungkan, nyatanya Google's AI kini dapat menerjemahkan bahasa secara berpasangan. Benar sekali, tentu saja Anda akan sedikit bingung atau bahkan benar – benar bingung dengan teknologi Google ini. Mari diperjelas. Jika selama ini Anda terbiasa untuk menerjemahkan bahasa Jerman ke bahasa Inggris dan Indonesia, secara otomatis Google dapat pula langsung menerjemahkan hasil terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Dilansir dari engadget yang mengemukakan pendapat para ahli, agar terjemahan ini bisa berlanjut dari satu bahasa ke bahasa lain, Anda seharusnya sudah pernah terlebih dahulu menerjemahkan 2 pasangan bahasa ke bahasa umum yang sering diterjemahkan. Kinerja Google ini tidak hanya didukung oleh fitur Translate saja, tapi juga sistem deep – learning Google Neural Machine Translation (GNMT). Sistem tersebut merupakan kerangka pembelajaran secara timbal balik yang dilakukan dari jutaan contoh, dan bagi Google terjemahan ini ternyata memberikan hasil yang lebih baik.

Sayangnya, terdapat sedikit keraguan terkait teknologi ini. Google Translate telah menyediakan layanan penerjemahan pada 103 bahasa. Ini berarti terdapat 5253 pasangan bahasa yang harus diterjemahkan. Jika teknologi ini dicoba, tentu saja akan sedikit memberatkan sistem yang bekerja. Tidak hanya itu, para ahli pun mulai mengembangkan pemikiran bahwa sekiranya Google Translate dapat menerjemahkan bahasa yang bahkan belum pernah diterjemahkan secara berpasangan atau berdampingan. Nyatanya, Google pun mampu melakukannya dengan menyertakan makna yang memiliki konteks sama dalam satu kalimat.

Keraguan para ahli justru semakin terbukti dengan cara kerja Google Translate ini. Untuk mendapatkan terjemahan berkaitan dari 2 bahasa berbeda, Google Translate secara otomatis mengelompokan kalimat dari bahasa berbeda yang memiliki arti sama. Dalam hal ini, Google Translate lebih mengutamakan arti atau makna dari suatu kalimat dari pada mencatat terjemahan per frasa. Para ahli pun menyimpulkan bahwa terdapat “sistem intelingua” yang diterapkan Google Translate pada cara kerjanya. Apakah Anda juga ingin membuktikan kebenaran pendapat para ahli ini? (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id