MENU
teknovaganza.id
Software & Apps
Tip Jaga Privasi Smartphone Android Agar Tak Mudah Bobol

Tip Jaga Privasi Smartphone Android Agar Tak Mudah Bobol

  646

Keamanan privasi bagi pemilik dan pengguna smartphone tentu saja menjadi hal yang cukup krusial. Pasalnya, jika sempat terdapat keadaan dimana smartphone jatuh pada pihak yang tak diinginkan memungkinkan untuk bisa membahayakn pemilik smartphone sendiri. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri pula bahwa tingkah laku pemilik smartphone (red: teledor) sendiri yang memungkinkan pihak tidak bertanggung jawab untuk dengan bebasa mengancam privasi pemilik. Tidak perlu khawatir, dilansir melalui Liputan 6 Tekno, berikut beberapa tip yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga privasi smartphone, khususnya bagi Anda pengguna Android. Simak lebih lanjut. 

Jaga password ponsel Anda
Penggunaan password ponsel menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan smartphone dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, agar password cukup original baiknya Anda dapat menggambarkan pola ataupun kombinasi yang tidak biasa. Hindari memanfaatkan tanggal lahir, nama terakhir, atau apapun yang memungkinkan pihak lain dapat dengan mudah menebaknya. Selain itu, Anda juga diimbau agar dapat lebih berhati – hati saat password tersebut tiba – tiba hilang di ingatan Anda. Hindari bantuan dari pihak lain yang menawarkan untuk me-reset password ponsel Anda. Tidak hanya itu, beberapa keyboard virtual nyatanya dapat menyimpan kata – kata. Terkait hal ini, ada baiknya Anda terlebih dahulu me – nonaktifkan kemampuan keyboard virtual untuk meminimalisir kemungkinan buruk tersebut. 

Pilih aplikasi olah pesan terenkripsi untuk berkomunikasi
Berkomunikasi secara tertulis tentu menjadi hal yang lumrah dan seringkali dilakukan oleh hampir semua orang. Bahkan, kini berkomunikasi ataupun mengobrol dapat dilakukan semakin mudah meski dalam jarak yang jauh. Obrolan pribadi bukanlah milik atau hak orang lain untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga obrolan Anda agar tidak diketahui oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Lakukan komunikasi dengan aplikasi olah pesan yang terenkripsi. Fitur enkripsi berkemampuan untuk dapat mengamankan obrolan, video, gambar, bahkan pesan suara dari pihak tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan bahwa hanya akan Anda dan dan teman ngobrol yang memiliki akses pada pesan atau apapun yang telah dibagikan bersama. Terdapat kunci unik yang diatur secara otomatis tanpa Anda harus mengaktifkan atau meng-install apapun. 

Pikirkan kembali saat akan mencari atau berbagi lokasi
Mencari lokasi melalui layanan Map bukan lagi hal baru. Bahkan untuk berbagai kebutuhan, Anda maupun pengguna lain dapat melakukannya begitu sering. Hal yang jarang disadari adalah bahwa layanan Map yang digunakan secara online dapat menyimpan histori lokasi yang Anda cari. Demi mengamankan dari pihak tidak bertanggung jawab, ada baiknya jka Anda memanfaatkan layanan ini dalam keadaan offline saja. Tidak hanya itu, fitur di media social yang memungkinkan Anda untuk dapat berbagi informasi lokasi patutnya dapat dipikirkan kembali. Hindari berbagi lokasi yang sama dalam waktu dekat. Hal tersebut dapat memberikan pemahaman yang baik pada pihak lain tentang pola pergerakan Anda. JIka tidak terlalu diperlukan, ada baiknya fitur ini tidak terlalu sering Anda gunakan. 

Beberapa tip diatas diharapkan dapat membantu Anda untuk selalu ingat betapa pentingnya menjaga privasi, termasuk smartphone Anda. Namun, semua kembali kepada masing – masing pribadi. Lakukan yang terbaik demi keselamatan diri Anda sendiri. Selamat mencoba. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id