MENU
teknovaganza.id
Startup
Tip Kreatif Tanggapi Komentar Negatif Follower di Media Sosial Perusahaan

Tip Kreatif Tanggapi Komentar Negatif Follower di Media Sosial Perusahaan

  732

Seringkali merasa kewalahan saat menangani pesan ataupun komentar dari pelanggan yang ‘super marah’ di akun media sosial perusahaan Anda? Memang, sejatinya pelanggan merupakan ‘raja’, namun saat komentar tentang layanan sudah semakin tidak terkendali, tentu rasanya Anda sangat ingin me-non-aktifkan seluruh akun media sosial layanan tersebut.

Sebaliknya, hal ini justru merupakan sebuah tantangan bagi Anda maupun perusahaan dalam menyikapi segala jenis tanggapan ataupun respon yang masuk untuk perusahaan. Tidak perlu ikut tersulut emosi, media sosial adalah cerminan jati diri perusahaan Anda. Untuk itu, Anda perlu mencari cara kreatif demi menangani pelanggan yang sudah ‘habis sabar’ terkait layanan Anda.

1.    Saat pesan ataupun komentar negatif diterima melalui media sosial, yang perlu Anda maupun tim yang menanganinya lakukan adalah membaca pesan tersebut dengan seksama untuk mencari tau masalah apa yang sedang dialami oleh pelanggan.

2.    Jika memang diperlukan, ambil bidikan layar untuk mendokumentasikan pesan atau komentar negatif tersebut. Hal ini dapat dijadikan pelajaran ataupun hal yang bisa dibagi antar tim penerus yang mungkin akan menanganinya. 

3.    Usahakan agar tidak menghapus seburuk apapun komentar atau pesan yang masuk pada media social perusahaan Anda. Tetaplah transparan. Menghapus pesan atau komentar dapat mengindikasikan bahwa perusahaan Anda menyembunyikan sesuatu.

4.    Anda ataupun tim yang menanganinya juga sangat tidak dianjurkan untuk memperlambat respon. Para pelanggan yang sedang berharap respon akan selalu mengecek dalam kurun waktu 1 jam. Jika memungkinkan, persiapkan pula tim penerus yang dapat membantu menyelesaikan masalah. 

5.    Tetap jaga nama baik perusahaan. Sebelum merespon ada baiknya jika Anda ataupun tim terkait yang menangani terlebih dahulu mengatur draft terkait respon yang akan dilayangkan. Usahakan untuk selalu mengutamakan pelayanan pelanggan yang baik. Respon Anda kelak tidak hanya akan dilihat oleh pelanggan terkait saja, tapi juga seluruh follower. 

6.    Layangkan respon Anda. Jika diperlukan, sertakan pula dengan permintaan maaf dan jalan keluar. Ini merupakan kesempatan untuk dapat mengubah pelanggan yang terlanjur marah menjadi peminat perusahaan Anda. 

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id