MENU
teknovaganza.id
Tech News
Yandex Raksasa Internet Asal Rusia Tak Ingin Ketinggalan Unjuk Kemampuan Dalam Projek Mobil Otonom
Photo Credit/Engadget

Yandex Raksasa Internet Asal Rusia Tak Ingin Ketinggalan Unjuk Kemampuan Dalam Projek Mobil Otonom

  354

Waymo, salah satu projek mobil tanpa awak yang turut dikembangkan Google sepertinya akan kehadiran pesaing baru. Diberitakan melalui Engadget, Yandex selaku salah satu raksasa internet asal Rusia dilaporkan tidak lama lagi akan segera merilis mobil tanpa awaknya. Hal ini mulai beredar luas saat Yandex akhirnya meluncurkan prototip dari mobil tanpa awak tersebut yang telah dimodifikasi memanfaatkan Toyota Prius V.

Tidak tanggung – tanggung, mobil tersebut juga dikabarkan banyak dibenamkan beragam sensor, teknologi Artificial Intelligence (AI), dan juga algoritma komputasi yang disinyalir mampu membantu proses navigasi kendaraan terhadap lalu lintas dan rintangan yang rumit. Beberapa pihak menyatakan bahwa fitur dan teknologi yang dibenamkan pada mobil tersebut tidaklah jauh beda dengan produk serupa, sebagai contoh Waymo.

Namun, jika dilihat dari fitur dan teknologi yang ditawarkannya tersebut secara keseluruhan saat ini nampaknya Yandex terlihat tengah menyajikan mobil tanpa awak yang diperkuat dengan mesin fungsional. Untuk saat ini, Yandex sendiri dilaporkan masih melakukan uji coba terhadap mobil beteknologi tersebut pada sirkuit tertutup. Sementara uji coba secara public akan diprediksi segera terselenggara di tahun 2018 mendatang. 

Di sisi lain, keputusan Yandex sendiri untuk mengembangkan mobil sejenis otonom sejatinya cukup tidak mengherankan. Rusia disebut – sebut menjadi salah satu negara yang tidak ingin terlalu “ketergantungan” dengan teknologi asing. Oleh karena itu, projek ini diharapkan mampu mendukung pertumbuhan mobil otonom khususnya di negara tersebut. Sementara baik kehadiran Waymo ataupun Yandex bagi dunia, berkendara secara otomatis kini nampaknya bukan lagi rencana semata. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id