MENU
teknovaganza.id
Startup
Yang Perlu Anda Tau Tentang Teknik 'Memata – Matai' Kompetitor

Yang Perlu Anda Tau Tentang Teknik 'Memata – Matai' Kompetitor

  493

Merilis sebuah produk atau layanan baru tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada beragam cara saat sebuah startup mulai memperkenalkan ide terbaru mereka. Meskipun begitu, dilansir dari Techinasia pada dasarnya terdapat 2 cara umum yang biasa dilakukan. Pertama, mengemukakan ide, mencari masukan, dan membentuknya menjadi semakin matang seiring dengan langkah yang dilakukan startup.

Yang kedua, memberanikan diri untuk membangun sebuah proyek dengan budget seadanya, mendapatkan umpan balik yang berkualitas, dan tentu saja selalu belajar membandingkan produk startup Anda dengan startup lain hingga Anda benar – benar siap untuk berbagi ide tersebut. Dilihat dari hasil yang didapat, cara kedua biasanya akan bekerja lebih cepat. Sayangnya, teknik 'memata – matai' kompetitor nyatanya tidak selalu berjalan dengan sempurna. Anda perlu memahami terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini:

Lakukan uji seberapa bernilai produk atau layanan yang akan Anda kembangkan
Pertama, Anda harus yakin bahwa apa yang Anda kembangkan ini akan memberikan nilai lebih pada kehidupan target konsumen. Bahkan, jika hal tersebut tidak mengurangi nilai meski dalam proses pengembangan, dapat dipastikan bahwa ide yang Anda bawa ini akan berguna bagi target konsumen. Dari sini Anda akan tau, memahami kemungkinan kekurangan atau kegagalan bisa sangat bernilai bagi ide Anda. 

Saatnya 'memata – matai' kompetitor
'Memata – matai' kompetitor memberikan Anda kesempatan untuk mempelajari proyek serupa diluar sana,  mempelajari kesalahan dari kompetitor, dan mengadaptasi cara yang benar – benar bekerja atau tidak. Bahkan, Anda bisa mencoba produk kompetitor Anda, menghubungi pelayanan pelanggan mereka, dan mencari tau reviews terkait. Mungkin Anda bukan jadi yang pertama mengembangkan ide tersebut, namun mempelajari kesalahan kompetitor Anda dapat dipastikan bahwa Anda bisa mengembangkan produk serupa menjadi lebih baik. 

Saatnya launching produk
Setelah segala upaya yang Anda lakukan, saatnya untuk melakukan launching terhadap produk Anda. Jika cukup sulit mengaturnya, Anda dapat menyewa jasa tim untuk melakukan ini. Untuk itu, mulailah merencanakan launching beberapa bulan sebelumnya agar tim dapat bekerja maksimal mencapai product launching yang Anda harapkan. Semoga bermanfaat. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id